Adab Minum Air Zam-Zam

 


Adab Minum Air Zam-Zam. Air zam-zam adalah air terbaik di dunia dan barangsiapa meminumnya akan mendapatkan manfaat sebagaimana yang diniatkan. Hal ini sebagaimana yang diterangkan oleh Hadits nabi sebagai berikut:

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله ِصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ إِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِي شَفاَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِشَبْعِكَ أَشْبَعَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِقَطْعِ ظَمْئِكَ قَطَعَهُ اللهُ وَهِيَ هَزْمَةُ جِبْرَائِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسُقْيَا اللهِ إسْمَاعِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ  رواه الدارقطني والحاكم

Artinya:
Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : Air zam-zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air zam-zam adalah galian Jibril dan curahan minum dari Allah kepada Ismail. (HR Daru Quthni dan Hakim)

Manakala minum Air zam-zam dengan niat untuk melepaskan dahaga, semoga Allah melepaskanya, kalau minum Air zam-zam diniatkan untuk kesembuhan suatu penyakit semoga Allah memberi kesembuhan.

Dalam Hadis Nabi :

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Artinya:
Dari Jabir berkata, Saya mendengar Rasulullah bersabda, Air zam-zam itu tergantung niat orang.

Ketika seseorang kehausan, lalu melihat air segar yang berada di depannya terkadang langsung sambar dan meneguknya dalam satu kali tegukan. Jangan lakukan hal seperti itu ketika hendak meminum Air Zamzam. Ada etika yang harus dilakukan ketika hendak meminumnya, yaitu:
1. Baca basmalah sebelum minum.
2. Jangan meminumnya dalam satu kali teguk.
3. Berdoalah dan mohonkan hajat sebelum meminumnya.

Doa ketika hendak minum Air Zamzam untuk mendapatkan keberkahan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:
Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Umroh mudah, murah, dan terpercaya.

 

Source : NU Online

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Kuliner: 15 Makanan Khas Cimahi Terkenal

Aqiqah Sooko Mojokerto Terbaik Pilihan Artis